Selasa, 22 Desember 2009

Rumah Baca Zhaffa luncurkan Taman Bacaan Keliling Bareng Pustaka Kelana


Annida-Online—Komunitas Rumah Baca Zhaffa (RBZ) yang berdiri sejak 24 Agustus 2008 lalu, terus melakukan inovasi dalam menyemarakkan gerakan literasi bagi masyarakat sekitarnya. Salah satu yang teranyar adalah menyelenggarakan Taman Bacaan Keliling untuk warga Kelurahan Manggarai, Jakarta Selatan.

“Tujuan dari program Taman Bacaan Keliling ini yang jelas untuk mendekatkan buku kepada masyarakat. Istilahnya, kalau masyarakat nggak sempat datang ke RBZ, kami yang akan mendatangi mereka dengan buku-buku yang akan menambah wawasan dan pengetahuan mereka,” jelas Bang Yudi, pendiri sekaligus penggerak kegiatan di RBZ.

Dalam program Taman Bacaan Keliling ini RBZ menggandeng Pustaka Kelana yang cukup mendukung terutama pengadaan buku dan sarana mobil keliling.

“Alhamdulillah kita disupport sama sama Pustaka Kelana dalam kegiatan ini sehingga kami juga bisa lebih banyak menawarkan macam koleksi bacaan kepada masyarakat sasaran,” lanjut Yudi.

Oleh karena baru berjalan selama dua minggu, Yudi mengakui bahwa operasional Taman Bacaan keliling RBZ ini masih terbatas, yakni setiap hari Selasa dan Jumat pukul 10.00-13.00 WIB. Areal mangkalnya pun baru di RW 06 Kelurahan Manggarai. Tapi, Yudi mengatakan bahwa ke depan, tempat mangkal dan jam operasionalnya akan terus ditambah.

“Saya punya mimpi bahwa minimal di tiap RW di keluarahan Manggarai nantinya mempunyai taman bacaan. RBZ sudah koordinasikan dengan teman-teman Karang Taruna wilayah masing-masing RW. Makanya, untuk langkah awal kami coba roadshow dulu ke RW-RW memperkenalkan konsep taman bacaan melalui Taman Bacaan Keliling ini.”

Untuk menarik minat masyarakat akan Taman Bacaan Keliling yang baru digagasnya, RBZ juga menggelar kegiatan-kegiatan selingan seperti story telling, menggambar, dan lain-lain yang mampu menarik perhatian anak-anak dan remaja yang menjadi masyarakat sasaran program ini. Yudi berharap semoga usahanya melalui RBZ dan Taman Bacaan Keliling ini dapat menumbuhkan kesadaran pada masyarakat akan pentingnya membaca.

“Alhamdulillah karena selama ini responnya bagus. Semoga terus bagus sampai tingkat masyarakat sendiri yang datang dan merasa butuh akan ketersediaan sebuah bacaan,” pungkas Yudi. [nyimas]


sumber:
http://www.annida-online.com/berita-komunitas/rumah-baca-zhaffa-luncurkan-tbm-keliling-bareng-pustaka-kelana.html

0 komentar:

Saatnya Kita Peduli

Mimpi Kita Tentang Ruang Publik JAKARTA, yang Mendukung Kehidupan yang Berkualitas di tumbuhkan dari Sejengkal RUMAH TINGGAL, itulah kami Rumah Baca Zhaffa.

Donasi Untuk kami.
Agar Rumah Baca Zhaffa bisa berkembang dan jumlah buku bisa bertambah serta sarana lebih lengkap, kami mengajak anda para pembaca, donatur. Baik secara individu, organisasi maupun korporat, jangan sungkan-sungkan membantu dan bergabung bersama kami. Kami sangat terbuka untuk kemajuan pendidikan, dukungan anda sangat berarti bagi pendidikan anak Indonesia.
Silahkan kirimkan apa saja, baik baru maupun bekas pakai (tapi masih layak) berupa buku, majalah, buletin, tabloid, mainan edukatif, laptop, infocus, speaker atau dana ke Rumah Baca Zhaffa.

Anda bisa mendongeng, sulap, melukis, tari, operet,teater ataupun apa saja yang bisa meramaikan kegiatan-kegiatan yang kami lakukan, kami mengundang anda untuk bergabung menjadi relawan Rumah Baca Zhaffa.
Silahkan kontak kami.

jika ada perusahaan/lembaga yang ingin menyalurkan CSR-nya kami berikan kompensasi , logo perusahaan akan kami sertakan di setiap liflet/poster/spanduk kegiatan. Juga di http://rumahbaca-zhaffa.blogspot.com/ dan di lokasi Rumah Baca Zhaffa. Jika ada yang ingin urun rembuk mengatasi dana operasional, berapa saja, dengan senang hati dan bahagia kami menerimanya.
alamat Rb Zhaffa Jl. Menara Air VII NO. 43 RT. 07/011 Manggarai – Jakarta,
Telp 081905098709



Donasi Untuk Rumah Baca Zhaffa.
1. Bank BNI, No Rek:084-7077-287, A/N Yudy Hartanto, Cabang Menteng, Jakarta.

Jika anda mentransfer donasi , informasikan kembali kepada kami melalui rumahbacazhaffa@gmail.com atau wonkyudyzhaffa@yahoo.com atau 081905098709 (yudy)