Selasa, 12 Januari 2010

Menebar Cinta Buku di Kawasan Manggarai

Menebar Cinta Buku di Kawasan Manggarai

you_zhaffa1_ed41Sebagian besar anak-anak di Jakarta banyak terbuai tayangan televisi, games, dan kecanggihan seluler. Hanya sedikit dari mereka yang mengisi waktu luangnya untuk membaca buku. Hal inilah yang mendorong Yudy Hartanto mendirikan sebuah perpustakaan. Dengan perpustakaan ini, Yudy mencoba beramal dengan berbagi ilmu bagi masyarakat di lingkungan terdekat.

Sehari-hari Yudy bekerja sebagai karyawan di kampus Politeknik, Bunda Kandung, Tanjung Barat, Jakarta. Kalau ada waktu luang, Yudy menyempatkan berkumpul dengan keluarga dan warga di sekitar rumahnya, di kawasan Jl. Menara Air, Manggarai, Jakarta.

Lelaki yang sudah berkeluarga ini memang dari dulu senang berorganisasi, seperti di Karang Taruna. Karena sering berkumpul di Karang Taruna, Yudy mencari cara agar warga di lingkungan tempat tinggalnya bisa menggunakan waktu luang dengan kegiatan positif. Maka, terciptalah ide untuk membuat perpustakaan apa adanya. “Di sini banyak anak-anak. Saya berpikir, kegiatan apa ya yang bagus buat mereka? Akhirnya saya punya ide untuk membuka rumah baca,” kata Yudy.you_zhaffa2_ed41

Maka, pada 24 Agustus 2008, Yudy mendirikan Rumah Baca Zhaffa [RB Zhaffa]. Dengan kocek pribadi dan keluarganya, Yudy pun menata salah satu ruangan di rumah keluarganya dengan rak dan beberapa buku, yang saat itu jumlahnya terbatas. Dia juga menggunakan teras rumah sebagai tempat bacaan. Semula Yudy ingin mendirikan RB Zhaffa dekat bangunan pos kantor RW, tapi tidak diizinkan.

Perlahan tapi pasti, koleksi buku di RB Zhaffa terus bertambah. Secara bergiliran, orang-orang dan sejumlah lembaga memperhatikan kehadiran RB Zhaffa dengan menyumbang buku-buku beragam jenis dan tema. Atas dasar kebersamaan, Yudy pun mendapat bantuan dari beberapa sukarelawan untuk mengelola RB Zhaffa. Kini, ada 10 orang yang membantunya dalam memajukan RB Zhaffa.

you_zhaffa3_ed41“Selain memimjamkan buku secara gratis, kami juga mengadakan beberapa program. Misalnya bimbingan belajar untuk TK, SD, dan SMP, yang dibantu Forum Mahasiwa se-Indonesia, Cabang Jakarta. Programnya dilaksanakan setiap Sabtu dan Minggu. Kami juga menjalankan program taman bacaan keliling,” jelas Yudy. Selain program Taman bacaan, RB Zhaffa sering juga mengadakan program acara berupa event, seperti acara nonton film bareng, pentas seni, mendongeng, belajar menggambar dan mewarnai, dan kunjungan ke museum.

Kegiatan positif dari RB Zhaffa ini ternyata terus mendapat sambutan baik, tidak hanya dari warga setempat, tetapi juga dari luar. Yudy mengaku, beberapa penyumbang buku sudah rutin mengirim buku-buku untuk RB Zhaffa. Mereka berasal dari berbagai daerah. Selain dari daerah Jabodetabek, ada juga penyumbang buku dari Surabaya dan Semarang. “Beberapa kali saya menerima sumbangan buku dari hamba Allah, yang alamatnya tidak jelas. Saya jadi bingung, mengirimkan ucapan terimakasihnya ke mana? Tapi saya selalu berdoa semoga mereka mendapat pahala yang setimpal dari Allah,” kenang Yudy.you_zhaffa5_ed41

Yudy mengatakan, buku-buku RB Zhaffa yang banyak dipinjam, terkadang tidak kembali atau sudah dalam keadaan rusak. Maklum, beberapa peminjam buku adalah anak-anak yang ingin bukunya dibaca di rumah. “Tak apa-apa. Namanya juga anak-anak. Saya yakin mereka tidak sengaja menghilangkan atau merusakkan buku. Yang penting, kebutuhan bacaan mereka bisa terpenuhi, daripada harus menghabiskan waktu untuk nonton televisi, main games, atau main telepon seluler,” imbuh Yudy.

Dengan kehadiran RB Zhaffa, Yudy berharap anak-anak termasuk warga bisa terpenuhi juga kebutuhan ilmunya. Tidak hanya kebutuhan pokoknya saja. Di masa mendatang, Yudy ingin taman bacaan seperti RB Zhaffa bisa tumbuh dan berkembang di setiap lingkungan RW di Jakarta. Sebab dari lingkungan warga terkecilah, taman bacaan bisa menjadi sarana yang sangat membantu pendidikan sebuah bangsa. Untuk mencapai harapan ini, Yudy membuka diri bagi siapapun untuk memberikan donasi agar RB Zhaffa terus maju. « [yogira] – foto: dok Zhaffa

Boks
you_zhaffa4_ed41Rumah Baca Zhaffa
Jl. Menara Air VII NO. 43 RT. 07/011 Manggarai – Jakarta,
Tel 021-30765178, 021-94642632, 021-8307670, 0819-05098709
Laman rumahbaca-zhaffa.blogspot.com dan rbzhaffa.multiply.com


sumber: Majalah Online; Alhamdulilah it's friday (alifmagaz)
http://alifmagz.com/2010/01/12/menebar-cinta-buku-di-kawasan-manggarai/

0 komentar:

Saatnya Kita Peduli

Mimpi Kita Tentang Ruang Publik JAKARTA, yang Mendukung Kehidupan yang Berkualitas di tumbuhkan dari Sejengkal RUMAH TINGGAL, itulah kami Rumah Baca Zhaffa.

Donasi Untuk kami.
Agar Rumah Baca Zhaffa bisa berkembang dan jumlah buku bisa bertambah serta sarana lebih lengkap, kami mengajak anda para pembaca, donatur. Baik secara individu, organisasi maupun korporat, jangan sungkan-sungkan membantu dan bergabung bersama kami. Kami sangat terbuka untuk kemajuan pendidikan, dukungan anda sangat berarti bagi pendidikan anak Indonesia.
Silahkan kirimkan apa saja, baik baru maupun bekas pakai (tapi masih layak) berupa buku, majalah, buletin, tabloid, mainan edukatif, laptop, infocus, speaker atau dana ke Rumah Baca Zhaffa.

Anda bisa mendongeng, sulap, melukis, tari, operet,teater ataupun apa saja yang bisa meramaikan kegiatan-kegiatan yang kami lakukan, kami mengundang anda untuk bergabung menjadi relawan Rumah Baca Zhaffa.
Silahkan kontak kami.

jika ada perusahaan/lembaga yang ingin menyalurkan CSR-nya kami berikan kompensasi , logo perusahaan akan kami sertakan di setiap liflet/poster/spanduk kegiatan. Juga di http://rumahbaca-zhaffa.blogspot.com/ dan di lokasi Rumah Baca Zhaffa. Jika ada yang ingin urun rembuk mengatasi dana operasional, berapa saja, dengan senang hati dan bahagia kami menerimanya.
alamat Rb Zhaffa Jl. Menara Air VII NO. 43 RT. 07/011 Manggarai – Jakarta,
Telp 081905098709



Donasi Untuk Rumah Baca Zhaffa.
1. Bank BNI, No Rek:084-7077-287, A/N Yudy Hartanto, Cabang Menteng, Jakarta.

Jika anda mentransfer donasi , informasikan kembali kepada kami melalui rumahbacazhaffa@gmail.com atau wonkyudyzhaffa@yahoo.com atau 081905098709 (yudy)