Senin, 16 Mei 2016

MAHASISWA YARSI SERBU RUMAH BACA ZHAFFA

Foto Bersama Mahasiswa YARSI dengan Rumah Baca Zhaffa

 
Hari Sabtu, 14 Mei 2016 pukul 15.00 WIB, 22  mahasiswa divisi eksternal Senat Mahasiswa Fakultas Ekonomi, Universitas YARSI Jakarta mengadakan kunjungan inspirasi ke Rumah Baca Zhaffa (RBZ) yang berlokasi di Menara Air, Manggarai, Jakarta. 

Dalam acara yang bertemakan SERBU SEMU (Seribu Buku Segudang Ilmu) kali ini diikuti 32 anak yang berusia mulai dari 5 sampai dengan 14 tahun. Ekspresi gembira dan penasaran terukir di wajah polos mereka saat relawan mahasiswa tiba di RBZ.

Dalam kunjungan ini, anak-anak RBZ diajarkan Bahasa Inggris. Kegiatan ini dilakukan dengan  bernyanyi dan diikuti dengan kuis agar menjadi lebih menarik. Materi ini bertujuan agar anak-anak dapat belajar dan mengenal kosa kata Bahasa Inggris yang dipergunakan sehari-hari sekaligus menggali kreativitas mereka.

“Saya sangat senang atas kegiatan RBZ ditambah dengan kehadiran mahasiswa YARSI karena dengan kegiatan ini anak-anak bisa belajar bersama dan hal ini dapat menggali kreativitas mereka,” ujar Ibu Dera, orang tua yang mengantar anaknya mengikuti kegiatan ini.  

Lomba Surat Pendek
Hari itu para Mahasiswa YARSI juga tidak lupa mengajak adik-adik ini mengenal dan belajar membaca surat pendek Alqur’an. Untuk kegiatan ini di kordinir oleh Kak Elsye dan yang ikut khusus adik-adik yang sudah tingkat SMP, setiap anak diajarkan membaca dan menghafal surat pendek dengan diselingi hadiah hiburan dan membuat adik-adik ini tersenyum gembira. Mereka sangat menikmati dan mengikuti setiap kegiatan yang dibawakan oleh mahasiswa YARSI. Sebagai kado kecil, para mahasiswa memberikan buku tulis.

Lomba Rangking 1
Saat mereka bermain lomba rangking satu pun tidak kalah serunya. Lomba yang kali ini ditujukan untuk adik-adik tingkat SD ini dibawakan dengan duduk bersila dilantai. Setiap peserta harus dapat menjawab pertanyaan yang diberikan dengan menuliskannya dilembar jawaban yang diberikan. Semua peserta akan mengangkat lembar jawabannya dan bagi yang jawabannya salah harus rela tersingkir dari arena permainan karena memang sistemnya adalah sistem gugur.

Sore itu hari semakin mendung dan hujanpun turun. Namun kemeriahan adik-adik masih terus berlanjut karena para mahasiswa dan adik-adik RBZ saling sorak dalam lomba menyusun kata. Adik-adik RBZ dibagi menjadi 6 kelompok. 
Setiap kelompok terdiri dari 6 anak menjadi satu lingkaran. Tugas mereka adalah mencari huruf-huruf yang berupa kertas warna yang telah disiapkan sebelumnya dan membentuk sebuah kata yang dibacakan panitia. Inti kesuksesan dari permainan ini adalah setiap orang yang bermain harus dapat kompak berkerja sama dalam upaya mencari huruf dan menjadi sebuah kata.

Penyerahan Plakat dari Universitas YARSI kepada RBZ
Aini Nur Arfira , ketua pelaksana SERBU SEMU mengaku merasa gembira dan puas dapat berbagi kebahagiaan dengan adik-adik RBZ ini. “Kalau kita ingin berbagi sesuatu kepada orang lain, maka harus kita mulai dari yang kecil dulu. Walaupun ini kegiatan kecil dan pertama, kami ingin bisa membagikan ilmu yang telah dipelajari kepada adik-adik RBZ,” ujar Aini yang menurutnya hal itu sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat.

Pembagian Hadiah Pememang Rangking 1

Universitas YARSI memang sedang berupaya memperkenalkan diri kepada masyarakat Jakarta. Masyarakat banyak yang belum pernah datang ke kampus atau bahkan hanya sekedar tahu dari dunia maya. Itulah yang dirasakan oleh M. Faisal Rais, selaku Ketua Senat Universitas YARSI berkunjung ke Rumah Baca Zhaffa. Menurut Faisal, selama ini masyarakat hanya mendengar dan melihat YARSI melalui dunia maya. Faisal bersama 22 Anggotanya, berkunjung ke RBZ dengan tujuan mengenalkan dan berbagi informasi profil Universitas YARSI.
“Setelah kunjungan ini, semoga semakin banyak masyarakat yang mengetahui berbagai kelebihan YARSI dan reputasinya, sudah sepantasnya kami turun kelapangan sebagai bentuk dukungan kepada almamater,” jelasnya saat memberikan sambutan. (WONK/RBZ)

2 komentar:

Sarahnblh mengatakan...

Izin share ya paa :)

RUMAH BACA ZHAFFA mengatakan...

Oke silahkan..

Saatnya Kita Peduli

Mimpi Kita Tentang Ruang Publik JAKARTA, yang Mendukung Kehidupan yang Berkualitas di tumbuhkan dari Sejengkal RUMAH TINGGAL, itulah kami Rumah Baca Zhaffa.

Donasi Untuk kami.
Agar Rumah Baca Zhaffa bisa berkembang dan jumlah buku bisa bertambah serta sarana lebih lengkap, kami mengajak anda para pembaca, donatur. Baik secara individu, organisasi maupun korporat, jangan sungkan-sungkan membantu dan bergabung bersama kami. Kami sangat terbuka untuk kemajuan pendidikan, dukungan anda sangat berarti bagi pendidikan anak Indonesia.
Silahkan kirimkan apa saja, baik baru maupun bekas pakai (tapi masih layak) berupa buku, majalah, buletin, tabloid, mainan edukatif, laptop, infocus, speaker atau dana ke Rumah Baca Zhaffa.

Anda bisa mendongeng, sulap, melukis, tari, operet,teater ataupun apa saja yang bisa meramaikan kegiatan-kegiatan yang kami lakukan, kami mengundang anda untuk bergabung menjadi relawan Rumah Baca Zhaffa.
Silahkan kontak kami.

jika ada perusahaan/lembaga yang ingin menyalurkan CSR-nya kami berikan kompensasi , logo perusahaan akan kami sertakan di setiap liflet/poster/spanduk kegiatan. Juga di http://rumahbaca-zhaffa.blogspot.com/ dan di lokasi Rumah Baca Zhaffa. Jika ada yang ingin urun rembuk mengatasi dana operasional, berapa saja, dengan senang hati dan bahagia kami menerimanya.
alamat Rb Zhaffa Jl. Menara Air VII NO. 43 RT. 07/011 Manggarai – Jakarta,
Telp 081905098709



Donasi Untuk Rumah Baca Zhaffa.
1. Bank BNI, No Rek:084-7077-287, A/N Yudy Hartanto, Cabang Menteng, Jakarta.

Jika anda mentransfer donasi , informasikan kembali kepada kami melalui rumahbacazhaffa@gmail.com atau wonkyudyzhaffa@yahoo.com atau 081905098709 (yudy)