Sabtu, 07 September 2019

Tamu RB.ZHAFFA: Abang None Buku Jaksel 2019


(07/09/19) Sabtu Pagi, Rumah Baca Zhaffa (RB.Zhaffa) kembali kedatangan tamu spesial. Kali ini, kami kedatangan Abang None Buku Jakarta Selatan 2019, anak-anak muda yang gemar membaca buku dan peduli dengan gerakan literasi. Mereka adalah Octa,Samantha,Vira,Salwa,Anya,Arif dan Agam.

Abnonku berkumpul bersama anak-anak
Sebenarnya, ada dua orang lagi yang hadir. Namun, karena ada keperluan pribadinya, mau tak mau datang telat dan lupa kami namanya untuk berkenalan.

Dengan mengenakan kaus merah, mereka duduk membentuk lingkaran berdampingan bersama anak-anak di Aula Menara, ruangan tempat kami meminjam sesaat selama proses renovasi RB Zhaffa. Di ruangan itu, anak-anak sudah siap bermain bersama mereka 

Pada kegiatan ini, pertama-tama anak-anak diajak berkenalan dengan Abang None Buku yang dipandu oleh Ka Samantha. Mungkin banyak juga yang belum mengenal apa itu Abang None Buku, Abang None Buku merupakan duta minat membaca buku dan mereka juga memberikan motivasi mengajak siswa-siswi untuk datang berkunjung ke perpustakaan. 

Sambil merapihkan duduk, anak-anak diajak bermain tepuk tangan seperti tepuk semangat dan tepuk ikan.

Ka Vira sedang mendongeng 
Kemudian didalam lingkaran, Ka Vira mulai melakukan sesi mendongeng diceritakan tentang seekor burung jahat (Ka Agam) yang akan memakan manusia, namun dapat dicegah oleh hewan-hewan lainnya seperti anjing (Ka Salwa), kucing (Ka Anya) dan bebek (Ka Arif). 

Selepas cerita berakhir, anak-anak diajak maju kedepan untuk bercerita akan hikmah didalam cerita tersebut. Kehadiran dongeng dari Ka Vira dan teman-temannya sangat membuat anak-anak terhibur dan bergembira karena dongeng dibawakan dengan kompak dan menarik 

Anak-anak mengangkat tangan untuk menjawab pertanyaan
Permainan berikutnya adalah bermain tebak-tebakan, “Siapakah aku, aku memiliki kaki empat,suka bermain di air, kupingku lebar dan memiliki belalai..?  yang cepat angkat tangan dan bisa menjawab akan mendapat hadiah” , sebuah pertanyaan dari ka Arif keluar. Seketika anak-anak berebut tunjuk tangan dan menjawab. Terjadi keriuhan dan seru dengan pertanyaan-pertanyaan selanjutnya.

Gembira dengan bermain tebak-tebakan dan hadiah yang diberikan, anak-anak kembali bermain didalam lingkaran besar dengan duduk ditempat. Permainannya adalah kuncup mekar, yaitu cepat-cepatan menangkap jari telunjuk temannya yang berada di telapak tangan kirinya. 

Peraturannya adalah Ka Salwa akan bercerita dan jika didalam cerita ada kata ayam, maka harus segera menangkap jari telunjuk temannya. Begitu terus mainnya hingga tersisa tiga orang yang berhasil tanpa pernah tertangkap jarinya. 

Beberapa anak tertegun menikmati acara
Keseruan bertambah dengan kegiatan bernyanyi bersama. Lagunya adalah topi saya bundar, dengan syarat pertama kata bundar di ganti dengan ehem...jadi nyanyinya “topi saya ehem...ehem topi saya”. 

Yang kedua adalah kata saya diganti dengan kata lala...”topi lala ehem...ehem topi lala..” kata yang diganti ketiga adalah topi diganti dengan yeye..”yeye lala ehem...ehem yeye lala..”. Wah dengan diganti kata-katanya anak-anak tampak kebingungan tapi jadi menyenangkan tertawa bersama.

Akhirnya acara selesai dengan sesi foto bersama lalu meneriakan..”Abnonku Jaksel..selalu terdepan....Rumah Baca Zhaffa..yes..yes..yes...” .
Dengan diiringi lagu Sayonara Anak-anakpun pulang dengan penuh keceriaan...Sampai jumpa dilain kesempatan lagi...semoga Abnonku Jaksel sukses selalu. (wonk/rbz)

2 komentar:

Nita mengatakan...

Terima kasih rumah baca zhaffa... anak2 senang... kamipun senang apalagi ketika anak kami pulang ke rumah mereka selalu cerita keseruan yg trjadi dsana.... 😍😍😍

RUMAH BACA ZHAFFA mengatakan...

Semoga anak-anak senang selalu

Saatnya Kita Peduli

Mimpi Kita Tentang Ruang Publik JAKARTA, yang Mendukung Kehidupan yang Berkualitas di tumbuhkan dari Sejengkal RUMAH TINGGAL, itulah kami Rumah Baca Zhaffa.

Donasi Untuk kami.
Agar Rumah Baca Zhaffa bisa berkembang dan jumlah buku bisa bertambah serta sarana lebih lengkap, kami mengajak anda para pembaca, donatur. Baik secara individu, organisasi maupun korporat, jangan sungkan-sungkan membantu dan bergabung bersama kami. Kami sangat terbuka untuk kemajuan pendidikan, dukungan anda sangat berarti bagi pendidikan anak Indonesia.
Silahkan kirimkan apa saja, baik baru maupun bekas pakai (tapi masih layak) berupa buku, majalah, buletin, tabloid, mainan edukatif, laptop, infocus, speaker atau dana ke Rumah Baca Zhaffa.

Anda bisa mendongeng, sulap, melukis, tari, operet,teater ataupun apa saja yang bisa meramaikan kegiatan-kegiatan yang kami lakukan, kami mengundang anda untuk bergabung menjadi relawan Rumah Baca Zhaffa.
Silahkan kontak kami.

jika ada perusahaan/lembaga yang ingin menyalurkan CSR-nya kami berikan kompensasi , logo perusahaan akan kami sertakan di setiap liflet/poster/spanduk kegiatan. Juga di http://rumahbaca-zhaffa.blogspot.com/ dan di lokasi Rumah Baca Zhaffa. Jika ada yang ingin urun rembuk mengatasi dana operasional, berapa saja, dengan senang hati dan bahagia kami menerimanya.
alamat Rb Zhaffa Jl. Menara Air VII NO. 43 RT. 07/011 Manggarai – Jakarta,
Telp 081905098709



Donasi Untuk Rumah Baca Zhaffa.
1. Bank BNI, No Rek:084-7077-287, A/N Yudy Hartanto, Cabang Menteng, Jakarta.

Jika anda mentransfer donasi , informasikan kembali kepada kami melalui rumahbacazhaffa@gmail.com atau wonkyudyzhaffa@yahoo.com atau 081905098709 (yudy)